15 Juli 2012

Menghitung SKALA

Iseng-iseng liat gambar desain punya si temen terdahulu, entah project apaan gak tau lah. Setelah buka-bukaan akhirnya , jreng-jreng..!!! hehe… Terpampang sebuah teks “Skala 1 : 100” liat bagian gambar sebelahnya berbeda “Skala  1 : 2000”. Kok, sama-sama skala kenapa berbeda ya..!@$!@ “itu gurauku”hehe... Setelah Gue ( Alah Gue…Hehe…. ), tanya sama yang punya gambar ini , Ternyata eh ternyata. “Jelas bedalah” Jawaban yang agak berbobot si punya gambar. Akhirnya saya coba dengarkan dongeng tentang skala yang terkadang membuat bingung bagi yang suka baca gambar, eits,,,,apaan ntu baca gambar ?  hehe. Setelah saya dengarkan dan pahami ternyata begitu toh,,
Nah daripada lupa yaa saya share aja nih disini kali aja bermanfaat buat Agan-agan, Sista-sista, embah2, ade2, dan kalian-kalian yang bisa baca dan liat. ckckckckck…  J.
Ternyata Skala itu sudah di ajarkan pada saat kalian bersekolah dulu. Jadi skala itu tak lain adalah perbandingan antara jarak sebenarnya dan jarak yang ada pada peta, dapet deh skala. Berikut rumus umumnya yang dibuat mudah untuk mengingatnya :







Dimana :
SKALA = PERBANDINGAN JARAK SEBENARNYA DAN JARAK PADA PETA,
JS = JARAK SEBENARNYA,
JP = JARAK PETA / JARAK PADA GAMBAR.
Misalnya :
Pada sebuah gambar dibawah ini terdapat bangunan, dimana lebar pada mulut terbuka salurannya adalah 2.5 m, Kemudian setelah diukur menggunakan penggaris ternyata panjangnya adalah 5 cm. maka untuk mencari skala gambar tersebut adalah :
Jarak sebenarnya 2.5 m = 2500 mm dan jarak petanya adalah 5 cm = 50 mm

 
Jadi skala gambar tersebut adalah 150 yang artinya jika 1 meter dilapangan maka 2 cm digambar.
Jika untuk mencari Jarak peta dan  Jarak sebenarnya Kita bisa menggunakan rumus diatas. Seharusnya untuk menghitung hitungan seperti diatas bagusnya spontan saja karena sangat mudah. Kalian bisa mengingatnya dengan rumus segitiga dibawah ini.
 
Petunjuknya jika mau mencari Jarak sebenarnya (JS) maka skala dikali yang berhadapan yaitu jarak peta (JP), dan bilamana yang ditanyakan adalah jarak peta (JP) maka JS dibagi dengan yang dibawahnya yaitu skala. Semoga kalian mengingatnya and I hope this make it worth a while. J
disini juga saya sediakan software kecil-kecilan yg bisa didownload SKALA